Kisah Hidup Albert Einstein

Albert Einstein : Sang Jenius Fisika
Pembuk

a Tabir Rahasia Alam Semesta

 

Tuhan tidak bermain dadu dengan alam ciptaanya dan segala keajaiban ilmu pengetahuan membuktikan kodrat alam ini…

-Albert Einstein (1879-1955)

 

 

Albert Einstein dilahirkan di Ulm, Kerajaan Wuettemberg, Prusia Raya (sekarang Jerman) pada tanggal 14 Maret 1879. Beliau terlahir sebagai putra sulung dari pasangan Hermann Einstein dan Pauline Koch. Ayahnya berprofesi sebagai pedagang kasur bulu. Pada tahun 1980 bisnis ayahnya mengalami kegagalan. Keluarga Einstein pindah ke Munich. Di kota ini Hermann dan adiknya mendirikan perusahaan instalasi gas dan air.

Albert Einstein ( child )Di waktu kecilnya Albert Einstein nampak terbelakang karena kemampuan bicaranya amat terlambat. Wataknya pendiam dan suka bermain seorang diri. Bulan November 1981 lahir adik perempuannya yang diberi nama Maja. Sampai usia tujuh tahun Albert Einstein suka marah dan melempar barang, termasuk kepada adiknya.

Minat dan kecintaannya pada bidang ilmu fisika muncul pada usia lima tahun. Ketika sedang terbaring lemah karena sakit, ayahnya menghadiahinya sebuah kompas. Albert kecil terpesona oleh keajaiban kompas tersebut, sehingga ia membulatkan tekadnya untuk membuka tabir misteri yang menyelimuti keagungan dan kebesaran alam.

Meskipun pendiam dan tidak suka bermain dengan teman-temannya, Albert Einstein tetap mampu berprestasi di sekolahnya. Raportnya bagus dan ia menjadi juara kelas. Selain bersekolah dan menggeluti sains, kegiatan Albert hanyalah bermain musik dan berduet dengan ibunya memainkan karya-karya Mozart dan Bethoveen.

Albert EinsteinAlbert menghabiskan masa kuliahnya di ETH (Eidgenoessische Technische Hochscule). Pada usia 21 tahun Albert dinyatakan lulus. Setelah lulus, Albert berusaha melamar pekerjaan sebagai asisten dosen, tetapi ditolak. Akhirnya Albert mendapat pekerjaan sementara sebagai guru di SMA. Kemudian dia mendapat pekerjaan di kantor paten di kota Bern. Selama masa itu Albert tetap mengembangkan ilmu fisikanya.

Tahun 1905 adalah tahun penuh prestasi bagi Albert, karena pada tahun ini ia menghasilkan karya-karya yang cemerlang. Berikut adalah karya-karya tersebut:

Maret: paper tentang aplikasi ekipartisi pada peristiwa radiasi, tulisan ini merupakan pengantar hipotesa kuantum cahaya dengan berdasarkan pada statistik Boltzmann. Penjelasan efek fotolistrik pada paper inilah yang memberinya hadiah Nobel pada tahun 1922.

April : desertasi doktoralnya tentang penentuan baru ukuran-ukuran molekul. Einstein memperoleh gelar PhD-nya dari Universitas Zurich.

Mei : papernya tentang gerak Brown.

Juni : Papernya yang tersohor, yaitu tentang teori relativitas khusus, dimuat Annalen der Physik dengan judul Zur Elektrodynamik bewegter Kurper (Elektrodinamika benda bergerak).

September : kelanjutan papernya bulan Juni yang sampai pada kesimpulan rumus termahsyurnya : E = mc2, yaitu bahwa massa sebuah benda (m) adalah ukuran kandungan energinya (E). c adalah laju cahaya di ruang hampa (c >> 300 ribu kilometer per detik). Massa memiliki kesetaraan dengan energi, sebuah fakta yang membuka peluang berkembangnya proyek tenaga nuklir di kemudian hari. Satu gram massa dengan demikian setara dengan energi yang dapat memasok kebutuhan listrik 3000 rumah (berdaya 900 watt) selama setahun penuh, suatu jumlah energi yang luar biasa besarnya.

Albert Einstein ( teaching )

Tahun 1909, Albert Einstein diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich. Tahun 1915, ia menyelesaikan kedua teori relativitasnya. Penghargaan tertinggi atas kerja kerasnya sejak kecil terbayar dengan diraihnya Hadiah Nobel pada tahun 1921 di bidang ilmu fisika. Selain itu Albert juga mengembangkan teori kuantum dan teori medan menyatu.

Pada tahun 1933, Einstein beserta keluarganya pindah ke Amerika Serikat karena khawatir kegiatan ilmiahnya – baik sebagai pengajar ataupun sebagai peneliti – terganggu. Tahun 1941, ia mengucapkan sumpah sebagai warga negara Amerika Serikat. Karena ketenaran dan ketulusannya dalam membantu orang lain yang kesulitan, Albert ditawari menjadi presiden Israel yang kedua. Namun jabatan ini ditolaknya karena ia merasa tidak mempunyai kompetensi di bidang itu. Akhirnya pada tanggal 18 April 1955, Albert Einstein meninggal dunia dengan meninggalkan karya besar yang telah mengubah sejarah dunia.

Meskipun demikian, Albert sempat menangis pilu dalam hati karena karya besarnya – teori relativitas umum dan khusus – digunakan sebagai inspirasi untuk membuat bom atom. Bom inilah yang dijatuhkan di atas kota Hiroshima dan Nagasaki saat Perang Dunia II berlangsung.

(sumber:http://www.yauhui.net)

Membuat Api dari Air

Api akan padam jika disiram dengan air, tetapi, ternyata api dapat dibuat dari air. Tidak percaya? Lakukan kegiatan berikut:

a) Alat dan bahan yang diperlukan:

  • Tempurung kelapa atau mangkuk
  • Kertas dan plastik
  • Air
  • Almari es
  • Rumput kering atau benda yang mudah terbakar

b) Cara percobaan:

  1. Buatlah lensa cembung dari bahan es dengan cara :
  • Tempurung/mangkok dialasi dengan kertas dan plastik (agar es mudah dipisahkan dari tempurung atau mangkok)
  • Isi tempurung/mangkok dengan air
  • Masukkan ke almari es dan tunggu sampai membeku.
  • Pisahkan es dari tempurung.

Catatan: Jika di rumahmu tidak ada almari es, buatlah lensa cembung tersebut dengan cara memahat esbalok.

2. Pada siang hari (sekitar pukul 11.00 – 13.00) letakkan rumput kering di

tanah lapang dan peganglah lensa cembung buatanmu tadi serta arahkan

ke cahaya matahari sedemikian rupa sehingga cahaya terpusat pada

rumput kering (seperti pada gambar).

lensa es

3. Mampukah cahaya dari es tadi membakar rumput?

4.Disebut apakah titik tempat terkumpulnya cahaya bias tadi?

Penerapan Ilmu Fisika pada Game Angry Birds

Game angry birds merupakan game yang sangat populer saat ini,  anak -anak bahkan orang dewasa banyak yang memainkan dan bahkan tergila-gila dengan game yang satu ini. Dirilis pertama kalinya untuk system operasi iOS –nya apple pada bulan desember 2009, lebih dari 12 juta copy game ini telah dibeli orang melalui app store. Tak puas hanya membuat gembira para pengguna produk apple, sang creator Rovio mobile yang berbasis di Finlandia kemudian mendesain juga versi khusus untuk system operasi smartphone / tablet berbasis layar sentuh lain seperti Android, Symbian, Windows phone 7, dan web OS. Per Desember 2010, Angry Birds versi mobile telah diunduh 42 juta kali dimana 25% nya berbayar.

Apabila kita cermati dengan teliti, banyak ilmu fisika yang diterapkan pada game angry birds ini, dan bahkan di New York, Amerika, beberapa guru menggunakan game angry birds sebagai media pembelajaran ilmu fisika di sekolah. Yang lebih menarik lagi di Amerika, game angry birds digunakan sebagai bahan ujian mata pelajaran fisika di sekolah. Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa persamaan – persamaan maupun teori fisika yang terdapat dalam game angry birds.

Hukum Hooke

Hukum Hooke adalah hukum atau ketentuan mengenai gaya dalam bidang ilmu fisika yang terjadi karena sifat elastisitas dari sebuah pir atau pegas. Besarnya gaya Hooke ini secara proporsional akan berbanding lurus dengan jarak pergerakan pegas dari posisi normalnya, atau lewat rumus matematis dapat digambarkan sebagai berikut:

di mana

F   adalah gaya (dalam unit newtonj
k   adalah konstante pegas (dalam newton per meter) 
Δx adalah pertambahan panjang pegas
Pada game angry birds, hukum hooke berlaku pada karet ketapel yang digunakan untuk membidik sasaran. Ketika hendak menembak burung “angry birds” dengan ketapel misalnya, karet ketapel terlebih dahulu diregangkan (diberi gaya tarik). Akibat sifat elastisitasnya, panjang karet ketapelakan kembali seperti semula setelah gaya tarik dihilangkan.
 
Gerak Parabola
 
Pada game angry birds ini, kita diminta menembakkan burung dengan ketapel menuju sasaran yang berupa babi. gerak burung menuju sasaran tembak merupakan gerak parabola. Gerak Parabola merupakan perpaduan antara gerak lurus beraturan (GLB)pada arah mendatar/horizontal dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB)pada arah vertikal. Untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan gambar berikut.
Kecepatan pada arah sumbu X selalu tetap, sehingga Vx = Vox = Vo cos @ (@ adalah sudut elevasi parabola). Sedangkan pada sumbu y, yang terjadi adalah gerak GLBB karena adanya percepatan gravitasi bumi yang arahnya ke bawah, sehingga kecepatan pada arah y dinyatakan sebagai Vy = Voy – gt atau Vy = Vo sin @ – gt
Usaha dan Energi
a. Usaha
Pada permainan angry birds, burung diberikan gaya dengan menggunakan ketapel agar meluncur atau berpindah tempat menuju sasaran. Hal demikian merupakan suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh ketapel terhadap burung angry birds
b. Energi
Karet ketapel yang kita regangkan memiliki energi potensial. Karet ketapel dapat melontarkan burung “angry birds” karena adanya energi potensial pada karet yang diregangkan.
Sedangkan setiap benda yang bergerak memiliki energi. Ketapel yang ditarik lalu dilepaskan sehingga burung “angry birds” yang berada di dalam ketapel meluncur dengan kecepatan tertentu. Burung “angry birds” yang bergerak tersebut memiliki energi kinetik.
Hukum Kekekalan Energi
Pada game angry birds juga terdapat penerapan hukum kekekalan energi. Energi tidak dapat dimusnahkan namun dapat di transformasikan dalam bentuk yang lain. Hal ini dapat kita jumpai ketika menarik ketapel dan menghempaskan burung “angry birds” menuju sasaran. Dalam hal ini terjadi perubahan bentuk energi potensial menjadi energi kinetik.
Perubahan energi biasanya melibatkan perpindahan energi dari satu benda ke benda lainnya. Energi potensial yang tersimpan pada ketapel yang diregangkan, dapat berubah menjadi energi kinetik burung “angry birds” apabila ketapel kita lepas. Dari hal diatas juga dapat diambil kesimpulan bahwa pada perpindahan energi selalu disertai dengan adanya usaha, dimana karet ketapel melakukan usaha pada burung “angry birds.”
Impuls, Momentum Dan Tumbukan
 
a. Momentum
Momentum adalah merupakan hasil kali antara massa benda dengan kecepatan benda itu sendiri. Besarnya Impul dapat dihitung dengan rumus :
P = m v
Keterangan :
p = momentum benda …………………………….. (kg.m/s)
m = massa benda ……………………………………… (kg)
v = kecepatan benda ………………………………. (m/s)b. Impul
Impul adalah merupakan hasil kali antara gaya dengan lama waktu gaya itu bekerja, atau gaya sesaat.
Besarnya Impul dapat dihitung dengan rumus :
I = F t
Keterangan :
I = impul ………………………………………………….. (Ns)
F= Besarnya gaya ……………………………………. (N)
t = Lamanya waktu …………………………………… (s)c. Tumbukan
Ada tiga jenis tumbukan yang kita kenal yaitu tumbukan Lenting sempurna, tumbukan lenting sebagian dan tumbukan tidak lenting sama sekali.
Pada saat benda bertumbukan maka akan berlaku Hukum :
Kekekalan Energi Kinetik :

Hukum Kekekalan momentum :

Dalam tumbukan selalu ada koefisien tumbukan, yang dirumuskan sbb :

Keterangan :
e = koefisien restitusi (tumbukan)
Catatan : Untuk tumbukan lenting sempurna (e = 1)
Untuk tumbukan lenting sebagian (0 < e < 1)
Untuk tumbukan tidak lenting sama sekali (e = 0)

Daftar Website Fisika Populer

Kadang-kadang jika kita ingin mengunjungi web tertentu yang ada hubungannya dengan apa yang akan kita cari, kita akan menuju pada mesin pencari (search engine). Waktu akan terbuang percuma jika apa yang kita inginkan tidak tersedia di dalam search engine tersebut. Membuka satu persatu alamat web yang kita tuju juga banyak menyita waktu dan kurang efektif. untuk mengatasi hal ini saya akan mencoba memberikan informasi web yang dapat dikunjungi dengan cara diklik. Alamat website yang saya postingkan ini terbatas pada situs-situs yang berhubungan dengan fisika. Semoga bermanfaat Silahkan diklik atau klik kanan dan pilih open link in new tab untuk mengunjungi situs tersebut.

1. Sejarah Fisika dan Dokumen Fisika

http://www.pbs.org/wgbh/nova/einstein/

http://galileo.rice. edu/

http://www.aip.org/history/exhibits.html

http://www.fordham.edu/halsall/mod/modsbook09.html

http://web.lemoyne.edu/~giunta/paper s.html

2. Kurikulum; Ensiklopedia Fisika; Tes diagnostik;Program Bantu Fisika

http://modeling.asu.edu/

http://www.archive.org/details/ap_physics_b

http://www.diagnoser.com/diagnoser/

http://www.phy.ilstu.edu/pte/resources. html

http://www.classnotesonline.com/index.php

3. Buku Fisika, Jurnal Penelitian, Tutorial Fisika

www.ebookee.com

http://umperg.physics.umass. edu/

http://hypertextbook.com/physics/

http://www.physics.umd.edu/rgroups/ripe/perg/abp/

4. Eksperimen Fisika

http://dgende.homestead.com/

http://www.physics.indiana.edu/~sdi/

http://www.physics.ohio-state.edu/~physedu/index2.html

http://www.compadre.org/portal/index. cfm

http://faculty.trinityvalleyschool.org/hoseltom/?

5. Video Fisika

http://intuitor.com/moviephysics/index.html

http://paer.rutgers.edu/PT3/index.php

http://www.science.tamu.edu/CMSE/videoanalysis/index.htm

6. Mengajar Fisika dengan Teknologi

http://www.colorado.edu/physics/phet/web-pages/index.html

7. Demonstrasi Fisika

http://www.mip.berkeley.edu/physics/index. html

8. Animasi Fisika

http://www.physicsclassroom.com/

http://sitereviewboard.com/

http://www.physics.org/

http://www.colorado.edu/physics/phet/web-pages/index.html